MENGENAL MODEL WARNA DI COREL DRAW

Dalam ilmu desaign warna merupakan suatu hal yang teramat penting begitupun juga di Corel Draw, selain bermain di garis anda juga perlu bermain pada pemaduan warna, berikut mari kita sama-sama mengenal warna tentang beberapa model warna.

MENGENAL MODEL WARNA
Sistem CorelDRAW memiliki berbagai macam mode warna, diantaranya model warna palet, CMY, CMYK, RGB, HSB, HSL, LAB,YIQ, Greyscale, dan Registration. Di antara sekian banyak model warna, tiga model warna paling penting yang harus Anda ketahui adalah warna palet, CMYK dan RGB.

tampilan pallate warna yang mengambang, sehingga bisa diseret kemana-mana.
  
MODEL WARNA PALET
Model warna palet juga disebut model warna indeks, yaitu model warna yang biasanya dipergunakan untuk image pada World Wide Web. Jika Anda mengonversikan suatu image ke warna palet, maka masing-masing pixel akan diberi nilai warna tertentu. Nilai warna ini akan disimpan pada compact color table, atau palet yang berisi hingga 256 warna. 
Docking Palette secara default ditampilkan dalam satu baris, sementara untuk memilih warna yang tersembunyi Anda dapat klik tanda panah di bagian bawah kiri palet sehingga muncul bagian palet yang tersembunyi. Jika secara permanen Anda ingin menampilkan semua warna dalam 3 baris, kliklah tombol ...... di bagian atas palet warna sehingga muncul menu palet, pilih Customize. Pada Palette Options, ubahlah nilai Maximum palette rows menjadi 3. Klik OK untuk menutup kotak dialog Options.


MODEL WARNA CMYK ‘
CMYK adalah kependekan dari komponen warna dasar Cyan (Biru muda), Magenta (Merah), Yellow (Kuning) dan Black (Hitam). Warna- warna ini juga dipergunakan untuk proses pencetakan offset maupun printer komputer. Dari keempat warna tersebut Anda dapat mempergunakan nuansa persentase masing-masing warna, misalnya Cyan 10%, Cyan 20% hingga 100% akan menampilkan warna biru muda, agak tua hingga biru 100%. Atau mencampur warna biru 10% dengan warna kuning 10% hingga menjadi warna hijau muda. Demikian seterusnya hingga diperoleh jumlah warna yang tidak terbatas. Jika Anda menggunakan warna dengan nilai 0% maka akan diperoleh warna putih, sedangkan jika Anda menggunakan unsur K (black) 100% akan diperoleh warna hitam yang pekat.

MODEL WARNA RGB
RGB adalah kependekan dari Red (Merah), Green (Hijau) dan Blue (Biru). Warna-warna ini dari pancaran sinar, biasanya dipergunakan untuk display layar (presentasi melalui layar monitor). Seperti halnya dengan CMYK, untuk mendapatkan suatu warna yang dikehendaki Anda dapat mencampurkan ketiga unsur warna tersebut pada color mixer. Jika Anda mendefinisikan ketiga warna tersebut dengan nilai 0% maka akan diperoleh warna hitam. Jika Anda mencampurkan ketiga warna itu dengan nilai 100% maka Anda akan memperoleh warna putih.

Memang tidak mudah untuk memadukan warna disetiap kita mendesign, tapi etika sudah belajar, sedikit - dikit akan menguasai,, amiinn,,

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "MENGENAL MODEL WARNA DI COREL DRAW"